CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 25 Juni 2013

PENGETIAN UMU PSIKOLOGI



Psikologi adalah ilmu yang mempelajari seluk beluk kehidupan kejiwaan manusia, yang didalamnya terdapat karakter,sikap,sifat, dan mental seseorang.
Pada awalnya adalah bagian dariilmu filsafat sebagaimana ilmu-ilmu lainnya, seperti ilmu hukum,sastra maupun ilmu ekonomi, tetapi kemudian memisahkan diri dan berdiri sebagai ilmu tersendiri.
Menurut aasal katanya psikologi berasal dari bahasa Yunani kuno Physce yang artinya jiwa dan Logos yang artinya ilmu. Dalam pengertian umum psikologi adalah ilmu yang tidak mempelajari jiwa secara langsung karena sifatnya yang abstrak (tidak dapat diselidiki secara langsung), tetapi diselidiki melalui manifestasi tingkah laku dan perbuatan

Beberapa definisi yang dikemukakan oleh para ahli mengenai psikologi adalah sebagai berikut:

Menurut Clifford T. Morgan Psikologi adalah Ilmu yang mempelajari tingkahlaku dan hewan. Jadi, Psikologi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari penghayatan, tingkahlaku manusia dalam kaitannya dengan lingkungan yang ditinjau dari fungsinya sebagai subjek, tingkahlaku dan motifasinya serta ilmu pengetahuan yang mempelajari organisme manusia yang dipengaruhi oleh keturunan dan dinamika pengalaman dan lingkungan.

Menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebagainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.

Menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.

0 komentar:

Posting Komentar